Friday, November 4, 2011

manusia sosialis

di sini aku berdiri, menunggumu tuk dapat merangkulmu.
di sini aku menanti, untuk bisa kembali bersamamu

mungkin kalo dibaca sekilas itu seperti sebuah syair tentang cinta, tetapi disini saya tegaskan, TIDAK!! kata-kata itu tidaklah tentang cinta, melainkan tentang persaudaraan.

aku sudah bergabung dengan SMALAPALA kurang lebih satu tahun. di sini aku mendapatkan ilmu tentang kebersamaan yang belum tentu di lain organisasi aku bisa mendapatkan ilmu ini.

salah satu kata-kata yang aku dapat dari salah seorang SMALAPALA yang sekarang sudah menjadi seorang senior bagi kami yang masih menjadi seorang SMALAPALA saat salah seorang teman kami mendapatkan kesulitan :

"iku lo dulurku dewe, aku yo ngerasa bersalah lek aku gak isok nulung dulurku dewe. yo ngene ae lek dulurmu lagi onok masalah kon nggak mungkin kan ninggal no dulurmu dewean ngadepin masalah. soale aku dulure mangkane aku gak ngerasa bersalah lek aku gak isok nulungi arek sing wis tak anggep dulur dewe"
kata kata ini by Mekar Melati

ntah kenapa sekarang ini aku ngerasa kata-kata ini cocok banget sama kondisiku sekarang.
dadi ketua iku abot, mangkane iku kudu dibantu karo konco-koncoe, e guduk konco se wes munggah dadi dulur. dulurmu iku butuh bantuan, lek kon ancen ngeroso dee dulurmu kon bakal mbantu dee ngelewati iku. tapi gak eroh maneh lek kon gak ngeroso koncomu iku dulur.

cocok kan?
intinya "lek ancen kon ngerasa dee iku koncomu utowo dulurmu, bantuen lek emang dee butuh bantuan, ojok mung didelok utowo ditinggal"

kalo emang mereka yang tak butuhin pergi, datengi mereka dirangkul lagi, terus bilang kamu butuh mereka, ungkapin apa aja yang dirasain, kalo emang mereka nggak mau denger tunggu aja mereka, kalo emang mereka nganggep aku adalah sodara mereka, aku yakin kalo mereka bakal balik, buat nolongin aku.

mungkin itu adalah secuil hal yang aku bisa pelajari dari organisasi ini, SMALAPALA.

No comments:

Post a Comment